Air Terjun Kedung Ombo

Desa papasan, Kecamatan bangsri, Kabupaten Jepara terkenal mempunyai pesona pemandangan alam yang sangat memanjakan mata. Terdapat tiga Air terjun yang ada di Desa papasan, yaitu Air Terjun Kedung Ombo, Air terjun Gembong dan Air Terjun Kalong. Sabtu, 22 Juni 2019, kami tim KKN-T IPB mengeksplore pesona Desa Papasan. Kami mengunjungi salah satu air terjun yang ada di Desa Papasan yaitu Air Terjun Kedung Ombo. Akses menuju air terjun dapat dilalui dengan menggunakan sepeda motor. Akses jalan  sangat menantang, dimulai dari jalannya yang sempit, tanjakan yang lebih dari 45o, belokan yang mengarah ke jurang, menaiki perbukitan dengan tekstur tanah yang tidak rata,  serta melewati aliran sungai yang deras. Air Terjun Kedung Ombo bagaikan surga tersembunyi di dalam hutan yang lebat dikelilingi perbukitan dan pepohonan hijau. Jalur tracking menuju Air Terjun Kedung Ombo memiliki panjang ± 2 km, diibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk sampai ke air terjun ini, jika perjalanannya dimulai dari gardu depan selamat datang wisata Air terjun Kedung ombo, medannya yang ekstrem menantang wisatawan untuk menemukan Air Terjun Kedung Ombo.

Kawasan Air terjun kedung Ombo masih merupakan kawasan lereng gunung muria. Panorama yang disajikan diantaranya, pesona air yang jernih, pemandangan tebing yang banyak, dan bebatuan yang tertumpuk rapi berbentuk persegi seperti layaknya buatan manusia. Atraksi wisata yang bisa dilakukan saat berwisata di Air Terjun kedung Ombo yaitu dimulai dari menikmati perjalanan tracking yang menantang, menikmati keindahan dan suasana air terjun, Mandi dan berenang di air terjun yang masih jernih dan dingin, dan hunting foto. Selain panorama yang mempesona, cerita rakyat tentang Air terjun kedung ombo juga masih melekat dengan wisata ini. Mitos yang berkembang di masyarakat yaitu jalan menuju air terjun 200 m dari akhir perumahan tidak boleh di lewati orang yang baru menikah, apabila dilanggar maka orang tersebut akan hilang kesadaran dan tidak mengenali pasangannya.

Wisata Air Terjun Kedung Ombo berpotensi untuk dikembangkan menjadi wisata alam yang sangat menjanjikan untuk dikunjungi banyak wisatawan, mitosnya yang masih kental di lingkungan masyarakat, pemandangan alam yang mempesona, perjalanan yang menguji nyali, membuat tim KKN-T IPB 2019 merasa wisata Air Terjun Kedung Ombo perlu di kembangkan lebih lanjut dengan melakukan  peningkatan fasilitas wisata. Kurangnya fasilitas informasi penunjuk jalan, tempat sampah, dan informasi yang tentang kawasan merupakan permasalahan yang ditemui di kawasan. Oleh karena itu, program kerja dari KKN-T IPB 2019 yaitu mengadakan pengadaan tempat sampah, papan interpretasi, penunjuk jalan dan papan peringatan hati-hati dan pengadaan papan-papan bertuliskan kata-kata yang menarik pengunjung yang diletakkan di spot hunting foto.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*